Minggu, 01 Juni 2014



Perbandingan tugas dan peran psikolog sekolah disetiap jenjang pendidikan

·         TK

Anak TK masuk pada tahap preoperational menurut teori Piaget, dimana anak pada tahap ini anak mulain merepresentasikan dunia dengan kata-kata dan gambar. Kata dan gambar ini merefleksikan indrawi dan tindakan fisik.
Peran dan tugas psikolog sekolah pada jenjang TK adalah :

  • 1.      Menjelaskan kepada guru TK supaya memberikan pengajaran pada anak sesuai dengan kemampuan kognitif anak.
  • Memberikan pengarahan kepada pendidik untuk lebih memfokuskan anak dalam bermain dan pengenalan lingkungan terutama pengenalan tentang diri. 
  •  Membantu anak yang kesulitan dalam sosialisasi dengan lingkungan dan interaksi dengan teman-temannya.
  • Membantu dalam pengembangan minat dan bakat anak yang digemari anak tersebut sehingga menjadi prestasi bagi anak.


·         SD

Anak SD dalam teorinya Piaget masuk pada tahap operational konkrit. Pada tahap ini anak mulai menggunakan logika yang memadai, dan juga pada tahap ini anak sudah mulai memecahkan operasional matematika, serta pada tahap ini anak mulai menghilangkan sifat egosentris dan hubungan dengan teman sebaya sangat mempengaruhi pada tahap ini.
Peran dan tugas psikolog pada jenjang SD adalah :
  • Karena anak SD sangat aktif bergerak jadi seorang psikolog sekolah harus mampu menjelaskan kepada guru agar menggabungkan belajar dengan bermain sehingga anak jadi lebih nyaman dalam belajar dan tidak terlalu dipaksa
  • Anak SD sangat senang bermain, sehingga seorang psikolog sekolah seharusnya mengawasi dan mengontrol anak dalam bermain, sehingga bermain anak terkontrol dengan baik.
  • Memberikan penjelasan pada guru untuk mempraktekkan pelajaran agar anak mudah memahami pelajaran
  • Dan selalu mengontrol dan mengawasi sosialisasi anak dalam lingkungan sekolah terutama interaksi dengan teman sebaya.

·         SMP dan SMA

Murid pada tingkatan smp dan sma sudah berada pada tahap operasional formal. Mereka sudah mengembangkan kemampuan untuk berfikir sistematis menurut rancangan yang abstrak dan hipotesis. Secara umum, semakin tinggi tahap perkembangan kognitif seseorang akan semakin teratur dan semakin abstrak cara berpikirnya.
 Peran psikolog sekolah disini untuk mengarahkan guru agar dapat memahami tahap-tahap perkembangan kognitif pada muridnya agar dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajarannya sesuai dengan tahap-tahap tersebut.  Pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan tidak sesuai dengan kemampuan dan karakteristik siswa tidak akan ada maknanya bagi murid.
Tugas psikolog sekolah pada tahap ini juga untuk membimbing murid dalam menentukan minat dan bakatnya, dan memberi gambaran tentang dunia perkuliahan, dan berbagai macam karir yang bisa digelutinya melalui psikotes (tes IQ/minat dan bakat/kepribadian).
Hal lain yang bisa dilakukan psikolog sekolah kepada murid pada tahap ini adalah dengan memberikan konseling, dan memberikan penyuluhan terhadap bahaya narkoba, tawuran, sex bebas, dan berbagai macam penyimpangan. Dikarenakan mereka secara pribadi masih rentan akan pengaruh lingkungan, baik itu pengaruh positif maupun negatif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar